
Program pendidikan karakter sangat baik dan penting untuk terus diimplementasikan dan dikembangkan karena berdampak positif bagi pembentukkan karakter peserta didik dan hasil dari nilai akademik peserta didik. Namun tanggapan dan konsep diri dari sebagian peserta didik SD Kanisius Gendongan Salatiga masih memerlukan pembiasaan untuk menanamkan setiap nilai-nilai karakter yang baik. Implementasi program pendidikan karakter didukung oleh beberapa faktor seperti keadaan lingkungan belajar, lingkungan sosial, dan pola asuh orang tua. Hasil penelitan menunjukkan SD Kanisius Gendongan Salatiga dalam implementasi program pendidikan karakter mengembangkan beberapa strategi seperti adanya sosialisasi, pengembangan pendidikan karakter dalam kegiatan sekolah, kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler dan budaya sekolah. Uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: 1) uji krediabilitas, 2) uji depenability, 3) uji konfirmability, 4) uji transferability. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknis analisis data kualitatif model Miles dan Huberman yang meliputi : 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) kesimpulan. Penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan studi dokumen. Subyek penelitian ini meliputi 1 kepala sekolah, 2 guru, 3 orang tua serta 4 siswa SD Kanisius Gendongan Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif model goal free evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga, 2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga, 3) mendeskripsikan dampak program pendidikan karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga. Pendidikan karakter evaluasi program goal free evaluation Implementasi Program Pendidikan Karakter di SD Kanisius Gendongan Salatiga Please use this identifier to cite or link to this item:
